gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Dari Laut Untuk Indonesia

pantai

Membangun fondasi ekonomi adalah hal yang utama. Politik jika tidak didukung dengan kekuatan ekonomi tidak mampu berdiri kokoh, begitu pula sebaliknya. Pada masa Nusantara, negeri ini hidup dari laut. Adanya ungkapan “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”, cukup menggambarkan suasana kemaritiman saat itu sangat kuat dan menjadi salah satu sumber penghidupan utama negeri ini.

Pertumbuhan ekonomi pada masa pemerintahan Jokowi-JK cenderung naik dan pemerintah menetapkan target-target dalam pencapaian kemandirian ekonomi. Kenaikan pertumbuhan ekonomi mulai dihantam dengan menguatknya dollar hingga mencapai Rp.. 14.000,00 pada bulan lalu membuat kondisi perekonomian Indonesia mulaioleng.

Berbicara kemandirian ekonomi sudah termaktub dalam Nawacita yang diusung oleh pemerintahan Jokowi-JK sebagai janji politiknya, yang diturunkan dari konsep Trisakti Bung Karno; Berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Konsep ini tentunya tidak dapat berdiri sendiri dan bukan urutan dalam mencapai kemakmuran, namun satu kesatuan yang harus utuh.

Konsep berdikari dalam bidang ekonomi tentu bukan konsep yangcetek dan sempit. Konsep ini mengarah kepada kemandirian warga negara, tanpa penindasan sistem ataupun penindasan sesama manusia dalam mengembangkan perekonomiannya masing-masing. Kemandirian yang dimaksudkan apabila warga negara sudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan dapat berdiri diatas kakinya sendiri.

Kemandirian ekonomi dapat dibangun apabila fondasi ekonomi yang diletakkan sebagai dasar perekonomian tepat dan sesuai dengan alam dan kultur Indonesia. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia tidak dapat melupakan sejarah darimana Indonesia berasal dan seperti apa kondisi alamnya. Laut yang luas terbentang dengan segala kekayaan isi yang terkandung didalamnya dan tanah yang subur tentu saja sudah cukup sempurna untuk dimaksimalkan sebagai fondasi perekonomian bangsa.

Pembangunan infrastruktur laut yang dilakukan oleh pemerintah saat ini merupakan salah satu usaha untuk penguatan maritim, baik secara bangunan ekonomi maupun pertahanan maritim. Usaha lain yang mestinya dilakukan bukan hanya fokus kepada infrastrukturnya saja, namun juga sistem yang akan digunakan, serta kemampuan Sumber Daya Manusia yang akan mengelola kesemuanya itu serta sektor lainnya seperti pariwisata yang harus dikembangkan pula. Bangunan ekonomi yang diletakkan dari laut memiliki potensi yang luar biasa, mengingat luasnya lautan dan kekayaan yang terkandung didalamnya, serta letaknya yang strategis diantara dua benua dan dua samdera sehingga menjadi lintasan banyak jalur perdagangan ditambah lagi dengan keindahan laut Indonesia.

Konsep ini tentu bukanlah konsep baru. Dalam konsepan Reforma Agraria, yang dipayungi dengan Undang-Undang Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960, agraria tidak sekedar berbicara tanah, pertanian dan alat-alat produksi lahan. Lebih dari itu, agraria berbicara tentang laut, darat dan udara, dan bagaimana mengatur dan memaksimalkannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Konsep laut mulai dikembangkan kembali merupakan langkah baik bagi pembangunan fondasi perekonomian yang kuat. Fondasi ini harus didukung oleh kemauan politik dan penguatan juga sektor pertanian. Sehingga konsep laut untuk Indonesia menjadi konsep yang kuat dan berbasis pada kultural masyarakat menuju tatanan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

 

 

Dimuat di Sindo, Rabu 16 September 2015

http://nasional.sindonews.com/read/1045152/161/dari-laut-untuk-indonesia-1442371464

cc: Yenglis.wordpress.com

YENGLIS DONGCHE

KETUA DPC GMNI SUMEDANG 2014-2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 21, 2016 by in Uncategorized.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.453 pengikut lainnya

Visitors

free counters