gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

T R A N S F O R M A S I

T R A N S F O R M A S I
“Pernahkah sebuah kepompong berfikir atau bermimpi untuk bebas dan terbang seperti seekor kupu-kupu yang indah?”
Metamorfosis seekor kepompong menjadi kupu-kupu adalah perubahan bentuk dan rupa tubuh secara fisiologis. Perubahan fisiologis ini ditandai dengan bentuk tubuh baru seperti adanya sepasang sayap. Transformasi dari seekor ulat lalu menjadi kepompong kemudian berubah menjadi kupu-kupu bermakna sebuah “Kelahiran Baru”. Kelahiran Baru kupu-kupu adalah proses Transformasi secara fisik atau bentuk nyata.

Transformasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perubahan rupa atau bentuk, dsb. Transformasi adalah perubahan dari bentuk yang lama menjadi yang baru. Proses transformasi secara meluas bisa diartikan sebagai sebuahREVOLUSI, penjungkirbalikkan sebuah tatanan yang lama menjadi tatanan yang baru. Transformasi dan Revolusi mengkaitkan oleh sebuah perubahan bentuk dan rupa baik secara fisik maupun non-fisik, atau materiil maupun non-materiil, dan atau keadaan sosial maupun kesadaran sosial.

Proses transformasi mempunyai beberapa prasyarat yang harus dipenuhi. Pertama, adalah bagi manusia kesadaran intelektual adalah faktor utama mencapai transformasi. Kesadaran intelektual untuk merubah sebuah kondisi dan keadaan yang lama menjadi baru. Kesadaran intelektual, memberikan gambaran awal mengenai sebuah tatanan baru yang akan dicapai. Kesadaran intelektual adalah pendobrak menuju tatanan baru. Seseorang yang ingin “lahir baru” harus mencapai kesadaran intelektual bahwa dengan kesungguhan ingin merubah bentuk dan rupa yang lama menjadi yang baru.

Kedua, kemauan politik dan tekad yang kuat. proses transformasi tanpa adanya kemauan dan tekad yang kuat TIDAK AKAN mampu mencapai sebuah perubahan atau lahir baru. Kemauan dan tekad adalah spirit, ruh dan jiwa yang pantang menyerah, bersungguh-sungguh dan bermental baja. Samahalnya, seekor kepompong tanpa adanya kemauan dan tekad yang kuat tidak akan mungkin terlahir menjadi seekor kupu-kupu, malah kematian yang ada padanya. Artinya, pilihan politik ada pada seseorang/kelompok yang melakukan proses transformasi.

Ketiga, bersandar dan bersumber setia pada Sang Khalik. Proses transformasi bukan tanpa kekuatan yang dating daripada manusia tapi juga kekuatan energi spiritualitas dan Semesta. Bersandar dan bersumber setia Kepada-Nya, adalah penyerahan total atas segala kerja keras dan upaya menjalankan proses Transformasi. Begitupun, dengan Bung Karno menghadapi Revolusi Fisik dan Revolusi Sosial juga bersandar dan bersumber setia pada Sang Khalik. Satu-kesatuan antara hubungan spiritualitas atau keyakinan manusia dengan hubungan antar sesama Manusia. Revolusi Fisik dan Revolusi sosial bersandar pada Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA). Rasionalitas antara AMPERA dan Transformasi/Revolusi adalah sebuah alasan dan tujuan dari proses Transformasi/Revolusi sekaligus menjalankan tugas manusia di muka bumi menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing individu.

Ketiga prasyarat menuju Transformasi inilah yang menentukan perubahan bentuk dan rupa yang baru kemudian. Berhasil atau tidak proses transformasi atau “Lahir Baru” ditentukan oleh kesadaran intelektual, kemauan dan tekad yang kuat serta bersandar dan bersumber setia pada Sang Khalik.
Perubahan rupa dan bentuk ini akan menentukan corak dan watak dalam kehidupan selanjutnya. Samahalnya, kepompong yang bermimpi bisa bebas dan terbang layaknya seekor kupu-kupu. Bebas dan Terbang bermakna sebuah pelepasan kegelisahan, keraguan, ketakutan dan Harapan yang didapat dari hasil proses Transformasi. Bebas dan Terbang dalam arti luas, dapat dikatakan sebuahKEMERDEKAAN. Kemerdekaan dari hasil proses Transformasi adalah Merdeka dari rasa takut, gelisah, ragu, dan Merdeka untuk bermimpi menjadi sebuah bangsa yang bebas dan berdaulat.

Merdeka…Merdeka…Merdeka untuk Selamanya..

TRIANDA SURBAKTI

WAKIL KETUA BIDANG POLITIK DAN AGIPROP KORDA GMNI JABAR

periode 2015-2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Agustus 2, 2016 by in Uncategorized.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya

Visitors

free counters