gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Indonesia: Negara dan Sandiwara

Aktivitas politik dan aktivitas ekonomi merupakan dua elemen yang menentukan sebuah kestabilan negara dan merupakan indikator dalam pertumbuhan negara dalam pertarungan ekonomi nasional dan internasional.”

Istilah politik menurut Aristoteles, politik merupakan usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Namun, di Indonesia sendiri politik dapat dilihat dari dua perspektif dalam arena politik praktis antara politik kotor dan politik bersih. Politik bersih merupakan sebuah aktivitas aktor politik yang mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Sedangkan politik kotor sendiri, merupakan praktik politik yang menghalalkan segala cara untuk memenuhi kepentingan pribadi dari kepentingan rakyat.

Di Indonesia sendiri, masih banyak praktik politik yang kotor dan dipandang oleh masyarakat merupakan sebuah politik pragmatis yang menghalalkan segala cara demi kepentingan kelompok tertentu dibandingkan kepentingan negara dan publik. Sedangkan politik bersih para elit politik yang membawa kelompok tertentu memiliki niat baik demi kepentingan negera. Peran dan fungsi politik dalam perspektif ekonomi politik yaitu mengatur kenegaraan atau kekuasaan sebagai sarana pemangku kebijakan publik dan kepentingan pembangunan ekonomi negara. Politik juga memepengaruhi pola pikir orang lain untuk mencapai tujuan bersama dalam kelompok partai politik. Tujuan tersebut dilakukan oleh para aktor politik yang telah memiliki wewenang pemerintah untuk menjaga stabilitas politik dan ekonomi negara. Politik memiliki pengaruh terhadap perekonomian yang memiliki batasan-batasan dalam mengambil kebijakan, oleh karena itu politik dan pembangunan ekonomi memiliki hubungan erat yang memang tidak pernah dipisahkan.

 

Mobilisasi elit politik dan parpol

Eksekutif sebagai lembaga negara yang memiliki kekuasaan tinggi dalam mengambil kebijakan dalam konteks pembangunan politik dan ekonomi negara. Eksekutif sangat mempengaruhi perkembangan stabilitas politik dan ekonomi negara dari berbagai macam program pemerintah baik jangka pendek maupun jangka panjang. Peran serta yudikatif dan legislatif sebagai penyeimbang kebijakan dalam mengambil keputusan yang dilakukan oleh eksekutif untuk menjaga stabilitas politik dan pembangunan ekonomi nasional.

Mobilisasi elit politik dan partai politik yang memberi pengaruh terhadap kebijakan ekonomi nasional. pada dasarnya fungsi partai politik sebagai sarana komunikasi politik yang memiliki berbagai macam keputusan strategis untuk mempengarungi kebijakan pemerintah. Tentu saja stabilitas politik negara mudah dipengaruhi oleh kekuasaan pemerintah. Pertumbuhan ekonomi negara sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat dan kemakmuran negera, jika stabilitas politik negara mampu mengendalikan konflik politik yang mempengaruhi pertubuhan ekonomi nasional. Konflik politik terjadi karena berbeda pandangan, antar kelompok partai sehingga tidak salah jika terjadi partai oposisi yang notabanenya tidak mengikuti kinerja pemerintah. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan kebijakan ekonomi politik untuk membangun ekonomi makro dan mikro agar bisa berdaya saing di perdangan nasional maupun internasional. Pemerintah harus mendorong ekonomi home-industry melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan eskalasi Industri besar sebagai benteng roda perekonomian nasional. Sehingga stabilitas ekonomi nasional tetap terjaga keseimbangan baik arus barang dan jasa, pertukaran nilai mata uang, yang berlaku di perdagangan internasional.

Pembangunan ekonomi nasional yang dilakukan oleh pemerintah melalui industri skala besar dan skala kecil yang didukung dengan potensi sumber daya alam yang sangat melimpah, namun belum seluruhnya dikembangkan dengan optimal. Akan tetapi untuk sumber daya manusia sendiri indonesia masih terbatas dalam pembangunan ekonomi nasional. Pengaruh politik terhadap sisi pembangunan ekonomi Indonesia memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas politik itu sendiri serta untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

 

Arah Kebijakan Politik dan Ekonomi

Pentingnya stabilitas politik negara dalam pembangunan ekonomi jangka panjang harus mutlak dilakukan jika pembangunan ekonomi nasional tumbuh dengan baik, seperti kegaduhan politik terjadi di pemerintahan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Jika kegaduhan politik tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah akan mempengaruhi daya investasi dan program pemerintah.

Arah kebijakan ekonomi politik mempengaruhi pengusaha, antisipasi dalam mengambil keputusan ekonomi sesuai situasi stabilitas politik apakah stabilitas politik membaik atau tidak, hal itu juga mempengaruhi daya investasi perusahaan sebagai modal percepatan pembangunan ekonomi nasional. pemerintah  juga harus sadar betul bahwa salah satu pembangunan ekonomi yang baik harus banyak menyerap investasi namun juga harus terkontrol dengan konsistensi kebijakan dan undang-undang yang jelas. Sehingga harapan publik terhadap stabilitas politik yang baik menunjukan ekspektasi pembangunan ekonomi nasional jangka panjang. Upaya perbaikan sistem politik hendaknya terus diarahkan kejelasan aktivitas politik yang tetap kondusif. Sehingga tidak terjadi persepsi publik yang selalu menjatuhkan lembaga tinggi negara dan para elit politik. Oleh karena itu stabiltas politik stabil dan kondusif merupakan syarat utama ekonomi berkelanjutan (sustainable economy).

Pemerintah sebagai penentu kebijakan (leader’s policy) pembangunan ekonomi mutlak harus dilaksanakan berdasarkan sistem mekanisme birokasi pemerinthan yang baik (good goverment). Peran pemerintah pusat, provinsi, dan daerah harus terkordinasi dengan baik yang ditopang dengan konsistensi kebijakan yang pro kepada masyarakat, perpajakan, hukum dan keamanan, infrastuktur, dan otonomi daerah.

dimuat di Tabloid Inspirasi

Ditulis Oleh : Ali Usman

Komisariat Peternakan Unpad, GMNI Sumedang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Februari 29, 2016 by in Uncategorized.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.453 pengikut lainnya

Visitors

free counters