gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

POTRET EKONOMI INDONESIA 2014

Ekonomimenurutparaahliadalahsebuahbidangtentangpengurusansumberdaya material individu, masyarakat, dannegarauntukmeningkatkankesejahteraanhidupmanusia.Ekonomimerupakanilmutentangperilakudantindakanmanusiauntukmemenuhikebutuhanhidupnya yang bervariasidanberkembangdengansumberdaya yang adamelaluipilihan-pilihankegiatanproduksi, konsumsiataudistribusi.Ekonomisaatinidipandang menjadisalahsatutolakukurkeberhasilanpemerintahdalammengelolanegaranya. Hampir setiap negara didunia menjadikan pertumbuhan ekonomi, khususnya ekonomi makro sebagai salah satu  indikator keberhasilan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dilihatdarikacamataitu, perekonomian Indonesia padamasaOrdeBarubisa di bilangcukupbaik. Akantetapipadaperjalananyaadabeberapakonsep yang tidaksesuaidengankomitmenawalrencanapembangunan yang digagasolehSoekarnoyaitu negara memeliharakekayaanalamuntuk di keloladan di manfaatkanuntukkesejahteraanrakyat. Ada beberapakasuspadazamanOrdeBarudimanakekayaanalammulai dikeloladan dimanfaatkanpihakasing yang bermuladari di setujuinyaUndang – UndangPenanaman ModalAsing (UU PMA no 1 tahun 1967).

Sejatinya, konsepUndang – UndangPenanaman Modal Asingdapatmendukungperekonomian Indonesia, namunsebelummenerimapihakasinguntukmengelolakekayaanalam negara kita, haruslah dipersiapkandulusisi internal berupainfrastrukturdansumberdayamanusia yang unggul. InisesuaidenganpandanganSoekarnobahwakitabelumbisamenerimapihakasingdanharusmenunggu 20 tahunkedepan dikarenakan diperlukanwaktuuntukkitaberbenahdiri. MakadariituSoekarnomenyekolahkanputra – putri Indonesia keluarnegerisehingganantiketikamerekakembalimerekadapatmenciptakanperubahan – perubahanuntukturutmembangunperekonomian Indonesia.

Saatiniperekonomian Indonesia belumbisa di katakanbaikkarenamasihbanyak warga negara Indonesia yang hidup dibawahgariskemiskinan. Jika dilihatdaripotensisumberdayaalamdankekayaanalam yang dimilikioleh Indonesia, seharusnyawarga negara Indonesia bisahidupberkecukupan.Bahkanadasalahsatuungkapandimanatanah Indonesia merupakantanahsurga, tongkatkayubisajaditanaman. Tapipadakenyataannyahanyasegelintir orang yangmenikmatikekayaanalam Indonesia.

Bagaimanakitabisadikatakan negara yang memilikikekayaanalam yang berlimpahjikapadakenyataannyakuotaimporpertahununtukpangansajaselalumeningkat.Padazaman Orde Baru saja kitapernahswasembadapangan, bahkankitaberhasilmengeksporke negara lain.Namunsaatinikebutuhanpangankitabergantungpadapasokandari negara lain. Hampir seluruh produk pertanian kita berasal dari impor negara lain. Sebuah ironi tatkala negara yang diakui sebagai salah satu negara agraris besar di dunia mengimpor hampir seluruh produk pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya.

Saatinibisa dibilang Indonesia sedangmemperbaikikualitasperekonomiannegaranya.Pemerintahsedanggencarmendorongpertumbuhanekonomi Indonesia yang salahsatucaranyaberupa Master Plan PercepatanPembangunanEkonomi Indonesia. DalamMaster Plan PercepatanPembangunan Indonesia diaturmenjadi 6 koridorsesuaidenganpotensiwilayahnya. Ada 3 elemen yang di integrasikanoleh MP3EI tersebutyaitumengembangkanpotensiwilayah di enamkoridorekonomi, memperkuatkonektivitasnasionaldanmemeperkuatkemampuansumberdayamanusiadanipteknasional.Namun saatinibelumterlihat hasil yang membuktikanbahwakonsep MP3EI berjalandenganbaik.Proyek yang begitu besar ini tidak ditopang oleh perencaaan yang matang, sumber dana yang memadai untuk mengerjakan proyek sampai dengan distribusi hasil yang merata untuk masyarakat sekitar menjadi indikator yang menguatkan asumsi bahwa proyek ini hanya akan semakin menjerumuskan Indonesia dalam jurang kehancuran ekonomi.

Menciptakanstabilitas dan pengembangan ekonomiIndonesia tidakbisaterlepasdarikerjasamapemerintah dan masyarakat. Dari tahunketahunpemerintahselalusajamembuatkonsepsipembangunanekonomiyang padapelaksanaannyatidaksesuaidengan yang di harapkan.Bagaimanamungkinbisatercipta Indonesia yang berdikaridalam bidang ekonomi seperti yang dicita – citakanolehBapakproklamator. Bangsainiharuslebiharifdalammemanfaatkansumberdaya yang kitamiliki.Kitabisamencobauntukmemulaipengolahansumberdaya yang kitamilikisehinggatidakhanyabarangmentahtetapikitabisamengolahnyauntuklebihbernilai.

Sayapikirsaatinisudahsaatnyakitakembalikepadaruhdandanjiwanyabangsainiyaitupancasila dan turunannya dalam Undang – Undang Dasar 1945 yang dimanaterdapattatacaramelaksanakanpembangunan ekonomi yang adildanmerata. Itutertuangdalampasal 33 Undang – Undang Dasar 1945 yang menyebutkanBumi air dankekayaanalam dikuasaioleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuranrakyat. Untukmengelolahasilalamperlusuatubadanusahamilikpemerintahataukoperasi agar kondisiperekonomiantetapstabildanberjalansecaraberkesinambungan. Dengan pelaksanaan bidang – bidang ekonomi yang dikelola oleh negara melalui BUMN dan juga oleh rakyat melalui koperasi, maka segala keuntungan ekonomis yang diperoleh akan kembali kepada masyarakat Indonesia dan dapat dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat.

Selainituketerbatasanlahanmenjadisalahsatupenghambat Negara Indonesia untukmenjalankan konsep berdikari ekonomi yang digagas Soekarno.Bagaimana negara inibisaberdikarikalau tanah yang diinjaksajasudahmilik asing.Karenasebagianbesarlahan yang ada di Indonesia saat ini dimilikiolehsegelintir orang, kapitalis birokrat, dankorporat – korporat asing.MakadariituUndang – UndangPokok Agraria no 5 tahun1960 masihharus diperjuangkan.  Dengan melaksanakan UUPA no 5 tahun 1960 tersebut, maka negara telah meletakkan fondasi dasar yang benar dalam menjalankan pembangunan ekonomi Indonesia yang sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 33. Harapannya kemudian, pembangunan ekonomi yang adil dan merata menuju kesejahteraan bangsa Indonesia dapat kita capai. Mungkinbagisegelintir orang konsepsiinisudahtidakrelevanlagijika dilaksanakansaatinikarenaperkembanganzaman.Tapiingatlahbahwa keadaanhariiniterjadikarenapemimpinnegara kita selalu alpa dalam melaksanakankonsepsi – konsepsi yang telah diberikan oleh para Founding Fathers bangsa Indonesia.

2014 adalah tahun politik. Namun, permasalahan politik tidak akan menjawab permasalahan ekonomi bangsa saat ini jika pemerintah alpa melaksanakan pembangunan ekonomi yang tidak sesuai dengan mandat konstitusi kita yang dilandasi dengan semangat Pancasila. Masih ada waktu menatap pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih baik mulai saat ini dan kedepannya jika pemerintah bisa bersikap arif dan bijaksana dalam meletakkan dasar pembangunan ekonomi kita. Jika kita masih terus melandaskan pembangunan yang sarat nuansa liberalisme seperti saat ini, niscaya pihak asing yang nantinya akan mengambil alih kemudi perekonomian negara kita.

 

Darwin

Komisariat FISIP UNPAD

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 18, 2014 by in Semua untuk Semua.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.451 pengikut lainnya

Visitors

free counters