gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Gimana Hak Pilih Kita Anak Rantau?

Halo kawan-kawanku, bagaimana persiapan kita untuk PEMILU?

Ini ada info untuk ANAK RANTAU.

Barangkali udah banyak yang tahu, tapi siapa tau masih ada yang belum tahu. Bagi kita anak rantau yang lagi kuliah atau nyari kerja, mungkin akan berpikir gimana ya supaya hak suara kita bisa kita gunakan, sementara daerah asal kita jauh dan sangat mahal kalau harus pulang kampung dan memilih di sana.

Untuk pemilu kali ini, bagi anak rantau ternyata ada cara mudah untuk bisa memilih di daerah tempat kita merantau. Caranya :

1. Bagi kita yang sudah terdaftar dalam DPT di daerah asal, yang harus kita lakukan adalah dengan memindahkan nama kita dari data daerah asal ke data pps di daerah tempat kita merantau. Caranya dengan membawa ktp dan kk kita ke pps daerah asal, trus beritahu kalau kita ingin memilih di daerah lain (tempat kita merantau), atau katakan saja kalau kita ingin minta surat A5 (surat yang akan kita berikan pada pps di daerah lain yang menandakan kita sudah disetujui untuk pindah tempat memilih). Setelah dapat surat A5 ini, kita tinggal melapor dan memberikan surat ini ke pps daerah rantau. Nanti, nama kita akan dicatat dan masuk daftar pemilih tambahan. Bagi, yang gak bisa pulang, surat A5 bisa juga diurus sama orang tua kita di daerah asal.

2. Bagi yang belum terdaftar dalam DPT di daerah asal, kita tinggal melapor ke RT, RW atau Kelurahan atau pps daerah rantau, dan daftarkan diri anda dengan bawa ktp dan kk juga. Dan nyatakan bahwa kita belum terdaftar dalam DPT di daerah asal kita dan ingin memilih di daerah tersebut.

Barangkali ini sedikit informasi yang saya tahu, bila ada kawan-kawan yang punya info lain bisa ditambahkan. Atau kalau ada info saya yang keliru tolong diperbaiki ya. Boleh baca juga Peraturan KPU No 9 tahun 2013 dan peraturan kpu no 26 tahun 2013 untuk info yang lebih jelas. Selamat memilih dengan cerdas ya, satu suarapun itu menentukan.

Junius Fernando

Wakabid Kaderisasi DPC GMNI Sumedang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 8, 2014 by in Semua untuk Semua.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya

Visitors

free counters