gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Realisasi Ketahanan

ARION EUDIA SARAGIH GARINGGING

Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan perekonomiannya lebih maju dari negara lain. Pengembangan itu tidak lepas dari Pasal 33 UUD 1945. Ekonomi, bagi suatu negara, merupakan hal penting untuk mempertahankan keberlangsungan negara tersebut.

Suatu negara dapat dikatakan sebagai maju jika perekonomiannya mampu menaungi dengan baik kebutuhan hidup warga negaranya. Ketahanan perekonomian di Indonesia mempunyai peluang besar untuk menyaingi perekonomian negaranegara maju. Ini terlihat dari semakin meningkatnya investasi asing di ASEAN yang dapat dimanfaatkan Indonesia untuk menambah PDB (produk domestik bruto) negara.

Indonesia juga mempunyai berbagai sektor yang dapat mendukung perkembangan serta ketahanan ekonomi negara; automotif, perbankan, telekomunikasi, semen, ritel, jalan tol, perkebunan, kawasan industri, dan properti. Untuk merealisasikan ketahanan ekonomi nasional, banyak upaya yang harus diperjuangkan, khususnya hubungan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

Masyarakat sebagai faktor utama dalam pengembangan perekonomian negara harus menstimulasi kebijakan pemerintah yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta bekerja sama demi menyejahterakan bangsa. Wujud ketahanan ekonomi suatu bangsa akan tercermin dalam kondisi kehidupan perekonomian bangsa tersebut. Perekonomian yang terpelihara dengan sehat dan dinamis untuk mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata menandakan kuatnya ketahanan ekonomi.

Untuk merealisasikan itu, pembangunan ekonomi yang terarah dan mantap melalui penciptaan iklim usaha yang sehat serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan. UUD 1945 dan Pancasila yang mengatur ekonomi bangsa ini diupayakan agar peranan negara dalam sistem ekonomi lebih ditekankan dalam penataan kelembagaan.

Penataan ini baik menyangkut cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak maupun sehubungan dengan pemanfaatan bumi, air, dan segala kekayaan alam yang tersedia. Ini bertujuan agar kemakmuran masyarakat senantiasa lebih diutamakan dan lebih terjamin daripada kemakmuran perseorangan. ●

ARION EUDIA SARAGIH GARINGGING
Mahasiswa Jurusan Agroteknologi,
Aktivis GMNI, BPM Faperta, dan
Himatan Faperta Unpad

*) dimuat di: http://www.koran-sindo.com/node/328274

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 10, 2013 by in Suara Umum.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.052 pengikut lainnya

Visitors

free counters