gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Pemimpin Visioner

JUNIUS FERNANDO S SARAGIH

Sudah 68 tahun negeri ini merdeka, seharusnya perekonomian kita tidak lagi bergantung pada investasi asing dan ekspor barang mentah. Di era kepemimpinan Soekarno pernah mengirim ribuan pemuda Indonesia bersekolah ke luar negeri.

Namun, jauh setelah itu pemimpin yang diharapkan membawa negeri kepada kemajuan tak jua datang. Sebaliknya, mengutip pernyataan Bung Karno, kita tampaknya lebih gandrung menjadi bangsa kuli dan kuli di antara bangsa-bangsa. Salah satu penyebab resesi ekonomi Indonesia saat ini karena lemahnya kepemimpinan di negeri ini. Betapa tidak, presiden lebih sering mengiming-imingi investor asing dengan murahnya tenaga kerja dalam negeri ketimbang memberikan insentif ke sektor pendidikan.

Institusi pendidikan kita pun semakin komersial. Darinya dihasilkan manusia individualistis yang hanya dijejali keresahan untuk mengembalikan besarnya dana yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan gelar. Karena itu, budaya gotong-royong memudar sehingga upaya menciptakan kesejahteraan bersama tidak lagi populer. Akibat itu, indeks gini meningkat menjadi 0,41% dan anak yang miskin terabaikan. Alhasil terciptalah kemiskinan yang turun-temurun.

Di sisi lain, budaya nasionalisme kian lama kian pudar. Trauma Orde Baru membuat kita anti berbicara tentang nasionalisme dan patriotisme. Padahal dengan nasionalisme semangat membangun negeri akan menjadi lebih menggelora. Pemimpin visioner sudah pasti mengerti akan nilai penting semangat anak muda dan pelajarnya. Dia tidak membebani mereka dengan mahalnya pendidikan, tapi justru memperjuangkan pendidikan mereka.

Darinya akan muncul kobaran semangat anak muda dan pelajar untuk memperjuangkan kemajuan negara dan bangsa. Bila pemimpin mampu memperjuangkan kemudahan akses pendidikan, mutakhirlah kutipan pidato Bung Karno dulu. “Laksana semua, orang-orang bangsa Indonesia yang sekarang terkubur, di taman-taman pahlawan. Semuanya menunggu-nunggu! Akan kedatanganmu kembali. Agar kalian dapat memberikan sumbangan kepada Tanah Air dan Bangsa!” ●

JUNIUS FERNANDO S SARAGIH
Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP,
Aktivis GMNI

*) dimuat di: http://www.koran-sindo.com/node/328273

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 10, 2013 by in Suara Umum.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya

Visitors

free counters