gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

IPK Coumload & Pengalaman

2 tahun 3 bulan saya mengalami yang namanya pelajar di perguruan tinggi. Seluk – beluk kehidupan pelajar di perguruan tinggi itu sudah banyak saya ketahui dan hampir semuanya, mulai dari sifat, kegiatan, pergerakan, komunikasi, dan lain sebagainya mengenai pelajar. Dari berbagai jenis kehidupan yang saya ketahui di lingkungan kampus khususnya, banyak perbedaan yang menjadikan pelajar di perguruan tinggi itu mendapatkan julukannya masing.

Salah satu sifat dari pelajar yang saya ketahui yaitu mencari nilai yang lebih tinggi. Saya merasa heran, kenapa para pelajar kebanyakan datang ke kampus itu hanya untuk mencari nilai tinggi dan mencari perhatian para dosen – dosen supaya dikenal dan diberi nilai yang bagus.

Selama menjadi pelajar di perguruan tinggi dan mengerti tugas dan tanggung jawab pelajar itu, saya sering berpendapat bahwa mereka yang tujuannya datang ke kampus hanya untuk mencari nilai yang bagus, itu bukan namanya seorang mahasiswa yang selama ini kita dengungkan sebagai pelajar di perguruan tinggi.

Menurut pemikiran saya, bahwa yang namanya mahasiswa itu adalah pelajar yang mau berperan aktif baik di luar maupun di dalam kampus, yang peka terhadap kedaan dan kondisi lingkungannya dan mau berpartisispasi khususnya di dalam kampus, serta berani melatih dirinya untuk tidak mementingkan hak dan kepentingannya sendiri yaitu dengan mengejar nilai yang tinggi.

Saya tahu dan sadar bahwa dengan nilai yang tinggi atau dengan IPK yang coumload memang sangat  membanggakan orang tua dan keluarganya, apalagi seperti saya ini adalah seorang perantau yang jauh datang ke daerah orang untuk mencari ilmu. Sangat bagus memang jika ita mendapatkan IPK yang coumload dan cepat lulus dan kalau bisa lulus di bawah waktu yang diberikan.

Terkadang saya berpikiran bahwa pelajar pada masa sekarang terlalu bodoh jika yang dikejar ke kampus hanya lah nilai yang tinggi. Yang namanya mahasiswa menurut saya pribadi, haruslah bisa mempersiapkan dirinya untuk jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu dalam dunia pekerjaan. Mahasiswa itu harus lebih aktif dan lebih bersosialisasi dalam perjalanan masa depannya.

Mahasiswa dalam kehidupan di kampus harus juga diupayakan mengikuti organisasi sebagai wadah bagi pengembangan dan pelatihan kepribadian mahasiswa itu. Ini adalah dasar bagi mahasiswa nantinya setelah meninggalkan bangku perkuliahan. keaktifan di berbagai kegiatan juga dapat melatih mahasiswa itu untuk memanage diri dan waktunya.

Mahasiswa itu bukan hanya belajar menutut ilmu tanpa ada output yang didapatkan dengan pengaplikasian ilmu yang dia miliki. Tugas seorang mahasiswa memang berat, tetapi seberat apa pun itu seorang yang dinamakan mahasiswa haruslah berani menghadapi segala konflik yang mungkin akan terjadi. Mahasiswa harus sudah siap sedia dengan persenjataan yang dia miliki dalam menghadapi segala sesuatunya. Imu tanpa pemikiran yang bijak dan cerdas tiada gunanya, oleh karena itu untuk melatih kecerdasan dan kesigapan mahsiswa dalam menghadapi kehidupan selanjutnya perlu diupayakan supaya mahasiswa lebih aktif dan dinamis.

Pengalaman yang akan didapatkan dari setiap kegiatan dan organisasi yang diikuti oleh seorang mahasiswa merupakan hal yang sangat berharga dan bermanfaat. Tetapi satu hal yang mungkin perlu diingat oleh setiap mahasiswa aktivis bahwa setiap kegiatan dan organisasi bisa diikuti kapan dan dimana saja, tetapi dalam perkuliahan di kampus jangan pernah ditinggalkan. Hal ini lah salah satu masalah bagi mahasiswa aktivis, terkadang mereka lebih mengutamakan organisasi/kegiatan daripada perkuliahan.

Disatu sisi memang kita bisa meniggalkan perkuliahan jika di dalam kegiatan kita sebagai peran utama. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa juga harus bisa memprioritaskan hal mana yang harus dikerjakan. Kepada seluruh mahasiswa, mulailah melatih diri anda untuk mejadi mahasiswa aktif yang tujuannya datang ke kampus bukan hanya mengejar IPK yang coumload tetapi juga untuk memanage diri anda. Mahasiswa akitivis dengan pengalaman yang luar biasa dan IPK yang coumload, itu lah yang perlu di kejar.

HIDUP MAHASISWA…!!!

Arion E.S

Komisaris Pertanian Unpad 2011-2012

*) dimuat di: http://edukasi.kompasiana.com/2012/10/24/ipk-coumload-pengalaman-498089.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 19, 2013 by in Semua untuk Semua.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.052 pengikut lainnya

Visitors

free counters