gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Kedaulatan Pangan

1350449961283131878

Sumber : http://zonaperubahan.wordpress.com/2012/08/30/bersinergi-untuk-kedaulatan-pangan-indonesia/

Berbicara mengenai pangan sangat berkaitan dengan keberlangsungan dan ketahanan hidup. Tidak ada makhluk hidup yang bisa bertahan tanpa memerlukan makanan. Masalah krisis pangan sudah muncul mulai jaman dahulu, tetapi sampai sekarang manusia masih bisa khususnya Indonesia menikmati nasi sebagai makanan pokoknya.

Krisis pangan memang sangat perlu diantisispasi tetapi tidak perlu ditakuti. Salah satu cara dalam menangani krisis pangan adalah dengan membangun kemandirian dan kedaulatan pangan serta penerapan bioteknologi. Cara seperti ini merupakan instrument strategis dalam pengendalian krisis pangan.

Menurut saya sebagai calon sarjana pertanian, bahwa krisis pangan di Indonesia tidak sampai beralih ke bahan pangan lain dari beras ke singkong atau ubi. Indonesia masih tetap bisa menikmati beras sebagai makanan pokoknya. Tetapi perlu kita ketahui bahwa dengan adanya peningkatan diversifikasi pangan sebagai salah satu upaya ketahanan pangan akan menjamin kedaulatan pangan.

Untuk mengantisipasi kelangkaan beras, masyarakat Indonesia perlu dihimbau supaya memanfaatkan lingkungan rumah sekitar dalam pertanian skala kecil. Misalnya dengan menanam bahan – bahan makanan di dalam pot atau pekarangan rumah, hal seperti ini sangat membantu dalam ketersediaan pangan dan juga ketersediaan lauk pauk. Di pekarangan rumah juga perlu dibuat kolam kecil untuk pemeliharaan ikan sebagai tambahan lauk pauk.

Arion E.S

Komisaris Pertanian Unpad 2011-2012

*) dimuat di: http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2012/10/17/kedaulatan-pangan-496333.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 15, 2013 by in Semua untuk Semua.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya

Visitors

free counters