gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

Perbedaan Itu Indah

1350447963507431587

Sumber : http://www.suarapembaruan.com/home/kerukunan-beragama-membuat-indonesia-besar/21366

Siapa kira jika di dalam perbedaan itu tidak ada suatu keindahan khusus. Banyak yang berpikiran bahwa perbedaan diantara dua orang atau lebih bisa memunculkan berbagai persoalan. Banyak juga orang yang berpikiran bahwa dengan adanya perbedaan di tengah – tengah masyarakat atau lingkungan akan menjadikan lingkungan itu tidak nyaman dan tidak ada ketentraman.

Pemikiran yang seperti itu terkadang muncul di benak seseorang jika dalam kehidupannya secara nyata dia belum bisa menerima dan mengerti perbedaan yang sebanarnya. Masih banyak orang yang lebih mengandalkan pemikirannya sendiri mengenai suatu perbedaan yang ada dilingkungan dari pada melihat kenyataan dan keadaan di tempat lain.

Pemikiran yang seperti ini dapat juga muncul di benak seseorang jika dia hanya mendapatkan informasi suatu kejadian dari lingkungan lain akibat dari berbagai perbedaan di lingkungan yang bersangkutan. Dia tidak pernah membandingkan lingkungan yang harmonis dengan berbagai perbedaan yang ada di dalamnya.

Munculnya pemikiran bahwa perbedaan itu sering menimbulkan berbagai persoalan adalah karena adanya rasa cemburu dan ketidak harmonisan diantara mereka yang mempunyai perbedaan, dan hal ini bisa menimbulkan suatu permasalahan yang besar dan dapat menjadikan permasalahan yang turun – temurun.

Jika kita perhatikan kehidupan masyarakat yang berada pada lingkungan yang mempunyai berbagai perbedaan khususnya dalam lingkup agama dengan lingkungan yang seluruh masyarakatnya adalah satu agama, banyak pemikiran yang akan muncul baik dari lingkungan yang beragam agama maupun yang satu agama dilingkungan itu.

Dari sisi negatif jika kita lihat bahwa perbedaan agama itu memang sangat sensitif. Perbedaan agama ini dapat menimbulkan permasalahan yang berujung pertumpahan darah dan penyelesaiannya kerap sulit dilakukan karena di dalam perbedaan agama akan muncul lagi perbedaan lain diantaranya perbedaan pemikiran yang berdasarkan kitab sucinya masing – masing.

Permasalahan mengenai perbedaan agama jika kita lihat kebelakang mungkin sudah beribu kasus yang terjadi khususnya di Indonesia ini. Tapi terkadang kita sangat sulit untuk belajar dari masa lalu yang mungkin sudah memakan korban jiwa akibat pesoalan dari perbedaan agama.

Masyarakat masih lebih sering menonjolkan kepercayaannya dari pada mengutamakan keharmonisan dan ketentraman diantara umat yang berbeda agama dengannya. Mereka sulit untuk berfikir bahwa sebenarnya jika berbagai perbedaan di suatu lingkungan itu adalah sangat indah. Mereka lebih dominan egois terhadap kepercayaannya masing – masing, hal ini lah salah satu penyebab utama pengalaman sebelumnya tidak pernah menjadi suatu pelajaran di tengah – tengah masyarakat yang berbagai perbedaan.

Awal persoalan diantara penganut agama yang berbeda sebenarnya sangat sepele. Tetapi hal itu menjadi persoalan yang besar karena merasa direndahkan oleh penganut agama yang berbeda. Jika kita memperjuangkan agama dan kepercayaan kita, kenapa kita harus terpengaruh kepada hal sepele dan ikut memperbesar persoalan itu.

Manusia yang sudah betul – betul dewasa dalam iman tidak akan pernah memperbesarkan suatu masalah khususnya masalah dalam lingkup agama, karena kita mengetahui bahwa disetiap agama itu diajarkan segala kebaikan bukan keburukan. Secara otomatis kita seharusnya bisa saling mengerti dan saling memahami diantara berbagai perbedaan, serta saling mendukung antara satu agama dengan agama yang lainnya.

Jika kita sadari secara seksama, kita akan mendapatkan apa sebenarnya yang dianamakan perbedaan yang indah itu. Kita akan mengerti seberapa pentingnya kita hidup bersama orang yang berbeda agama dengan kita.

Indonesia yang sekarang memiliki 6 agama yang  telah di sahkan oleh pemerintah menjadi keindahan tersendiri bagi negara. Disamping kaya dengan barbagai perbedaan suku, bahasa, kebudayaan dan lain sebagainya, Indonesia juga ternyata kaya akan agama. Hal ini menja ciri negara Indonesia yang mungkin sulit ditemukan di negara lain.

Indonesia yang kaya akan perbedaan seharusnya kita bangga dan berusaha bersama untuk menjaga ciri dari negara kita itu, bukan memutar balikkan keadaan dengan menimbulkan berbagai persoalan yang terjadi.

Perlu kita sadari bahwa pada dasar negara yaitu pancasila sila pertama disebutkan “Ketuhanan Yang Maha Esa” telah dijelaskan bahwa Indonesia memiliki agama yang beragam dan saling menganut agama dan kepercayaannya masing – masing. Jelas kita ketahui perbedaan yang beragam akan tetap dilindungi oleh pemerintah dan dijamin juga dalam UUD 1945 pasal 29.

Untuk tetap mempererat tali persaudaraan diantara berbagai agama yang berbeda perlu kita tanamkan dalam diri kita masing – masing rasa hormat – menghormati dan rasa memiliki. Hal ini akan menjamin keselarasan dan keharmonisan diantara berbagai penganut agama yang berbeda.

Mari mulai sekarang tumbuhkan rasa persaudaraan diantara seluruh penganut agama dan jauhkan diri kita dari perpecahan antar agama, karena hal itu akan menyia – nyiakan kita sendiri. Capai tujuan agamamu dan hormati agama orang lain, itu akan menjadi indah dalam perbedaan yang kita miliki.

Arion E.S

Komisaris Pertanian Unpad 2011-2012

*) dimuat di: http://sosbud.kompasiana.com/2012/10/17/perbedaan-itu-indah-496323.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 11, 2013 by in Semua untuk Semua.

gmni sumedang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya

Visitors

free counters