gmnisumedang

Pejuang Pemikir-Pemikir Pejuang!

PENGUSAHA DAN PEREKONOMIAN NASIONAL

            Dewasa ini, isu tentang kewirausahaan sedang marak diperbincangkan dan berkembang di Indonesia. Pekerjaan sebagai seorang karyawan yang digaji/orang upahan sudah dirasakan tidak begitu menarik lagi,  karena banyak yang menyadari bahwa jika ingin sukses, maka menjadi seorang pengusaha akan lebih menjanjikan daripada hanya sekedar bekerja menerima gaji/upah. Profesi sebagai pengusaha mampu memberikan lebih banyak keuntungan ekonomis dan kesempatan untuk dapat sukses membangun kehidupan ekonomi yang lebih baik.

            Menjadi seorang pengusaha juga memberikan keuntungan lain, yaitu kita dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses bahkan dalam usia yang masih muda. Hal ini dikarenakan dalam menekuni profesi pengusaha, kita tidak harus menjalani atau terikat dengan jenjang karir yang  biasa harus dijalani oleh karyawan ataupun kalangan birokrat. Dengan mengembangkan kemampuan berbisnis dan bermodal pengalaman yang cukup, kita dapat menjadi pengusaha yang mampu meraih kesuksesan dalam berbagai bidang bisnis yang kita jalani.

Untuk memulai profesi dalam dunia kewirausahaan, setidaknya dibutuhkan 2 hal yang paling utama yang harus kita miliki yaitu tekad dan modal. Pertama, untuk menjadi  seorang pengusaha harus memiliki tekad yang kuat dalam menjalani tiap langkah dalam menapaki setiap proses sampai mencapai sukses. Kebulatan  tekad dan sikap pantang  menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan akan menempa kita  menjadi  seorang pengusaha yang hebat dan  tangguh.

Kedua adalah modal. Sudah barang tentu untuk memulai langkah awal dalam dunia wirausaha memerlukan modal. Modal ini akan dipergunakan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dasar untuk benar-benar memulai bidang usaha yang telah dipersiapkan dan akan dijalankan untuk mencapai kesuksesan. Jika kita tidak memiliki modal  yang dibutuhkan,  ada banyak cara untuk mendapatkannya. Mulai dari membuat proposal “business plan” sampai kepada peminjaman berbunga rendah dari berbagai lembaga yang menyediakan. Selama tekat dan niat  yang dibangun sejak awal terus dijalankan, ada banyak cara untuk mendapatkan  modal yang dibutuhkan untuk memulai  usaha.

Berdasarkan kondisi yang disebutkan diatas, hal itu menunjukkan bahwa untuk memulai langkah awal menjadi seorang pengusaha tergolong mudah. Untuk dapat meraih  sukses dalam  waktu yang relatif singkat juga mungkin terjadi. Jika kita mencari data di internet, begitu banyak pengusaha yang dapat mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang dijalaninya. Ada yang berpenghasilan mulai dari  puluhan juta sampai miliaran rupiah dalam sebulan. Hal itu dapat kita capai bahkan dalam usia yang  masih tergolong muda. Beberapa diantaranya sebut saja Sandiaga Uno, Bramantya Farid Prakosa, Harry Tanoe, bahkan ada yang berusia dibawah 20 tahun seperti Lambertus Darian (18 thn) dan  Farah Farce (17 thn).

Kesuksesan yang dapat diraih dalam dunia wirausaha tentu membuat banyak orang  yang tertarik  untuk  terjun dan memulai bidang usaha dalam dunia wirausaha. Namun, tidak semua orang berhasil untuk menjadi seorang pengusaha yang dapat mencapai tangga kesuksesan. Arus persaingan yang semakin ketat menjadi satu pokok permasalahan yang paling utama yang harus dihadapi. Selain itu beberapa kendala lain yang mungkin terjadi diantaranya : ketidakmampuan manajemen, kurang pengalaman, lemahnya kontrol terhadap keuangan perusahaan, gagal mengembangkan perencanaan strategis dan ketidakmampuan dalam melakukan transisi kewirausahaan.

Dengan berbagai kendala yang mungkin dihadapi diatas, tentu masih banyak peluang untuk mencapai kesuksesan. Namun, hal tersebut harus ditunjang dengan beberapa kemampuan yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan, diantaranya inisiatif, kemampuan membuat keputusan, inovatif,  dan keberanian mengambil resiko.

Dalam hal inisiatif, untuk mencapai kesuksesan, seorang  pengusaha harus memiliki inisiatif mandiri untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki perusahaannya untuk menghasilkan barang atau jasa yang akan mendatangkan keuntungan finansial bagi perusahaan.

Dalam membuat keputusan, seorang pengusaha dituntut untuk mampu membuat keputusan yang tepat berkaitan dengan pengelolaan sumber daya perusahaan. Segala keputusan strategis yang diambil akan berpengaruh langsung terhadap kemajuan/kemunduran perusahaan baik itu keputusan yg bersifat teknis operasional perusahaan maupun keputusan dalam bidang manajerial perusahaan.

Dalam hal inovatif, pengusaha harus memiliki pemikiran – pemikiran yang inovatif untuk menghasilkan inovasi – inovasi baru yang memungkinkan perusahaan untuk tetap bertahan dalam iklim persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal yang dapat ditempuh semisal mengembangkan produk baru atau menemukan cara – cara baru dalam memproduksi barang/jasa yang dibutuhkan oleh  konsumen. Tanpa inovasi, perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain dalam iklim persaingan bebas  yang semakin keras.

Terakhir adalah keberanian dalam mengambil resiko. Seorang pengusaha haruslah memiliki keberanian dalam mengambil resiko.  Namun setiap tindakan yang diambil juga harus sudah dperhitungkan dengan matang. Dalam dunia bisnis tidak  ada kepastian akan sebuah kesuksesan atau kegagalan, namun kita dituntut untuk berani mengambil resiko yang ada, yang tentunya sudah memperhitungkan kelebihan dan kekurangan perusahaan, agar peluang untuk mencapai kesuksesan menjadi semakin terbuka.

MEMBANGUN PEREKONOMIAN NASIONAL

Pengusaha merupakan aset pembangunan perekonomian nasional. Mengutip pernyataan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, “untuk menjadikan Indonesia masuk kedalam golongan negara maju, dibutuhkan jumlah sekurang-kurangnya 4% masyarakat yang memiliki profesi sebagai pengusaha. Tidak ada negara yang maju tanpa ada sejumlah pengusaha yang tangguh. Maka dari itu, kita harus mematangkan pengusaha muda untuk menjadi pengusaha yang tangguh” tuturnya. Hal ini menunjukkan peran yang begitu penting yang diemban oleh pengusaha di Indonesia untuk ikut memberikan sumbangsih  pembangunan perekonomian nasional.

Dengan semakin bertambahnya jumlah pengusaha di Indonesia, tentu diharapkan akan semakin memberikan lapangan perkejaan yang semakin luas bagi masyarakat Indonesia. Dengan bertambahnya lapangan pekerjaan yang diharapkan sejalan dengan penyerapan jumlah tenaga kerja di Indonesia diharapkan akan membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia dan meningkatkan daya beli masyarakat Indonesia serta diharapkan mampu mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Melihat kondisi yang saling membutuhkan antara pengusaha dan pemerintah, sudah seharusnya pemerintah juga membantu untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan pengusaha nasional. Penetapan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan  berbagai kebijakan politik regulasi dan moneter yang dapat ditempuh pemerintah harusnya juga ikut memperhatikan kelompok pengusaha. Mulai dari program pelatihan dan pendidikan calon  pengusaha sejak  usia dini, pembuatan regulasi perbankan yang memperhatikan sektor UMKM, sampai  kepada pembuatan Undang-Undang yang berkaitan langsung dengan kelompok pengusaha harus didorong untuk mengembangkan sektor wirausaha di Indonesia.

Diharapkan, kedepan Indonesia mampu untuk bersaing dalam sistem globalisasi yang berlangsung saat ini. Hal itu dapat terlaksana jika pemerintah sadar  dan mau membangun sektor wirausaha dengan memberikan iklim pertumbuhan  wirausaha yang tepat bagi para pengusaha.

Kristian Sinulingga

Ketua DPC GMNI Sumedang

dimuat di tabloid inspirasi bulan Mei 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 11, 2013 by in Suara Umum and tagged , , , , , .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50.453 pengikut lainnya

Visitors

free counters